PENDIDIKAN PANCASILA DI INDONESIA SOLUSI ATAU MASALAH ?

                                                                


            Saat pertanyaan di atas ini dimunculkan, di benak saya maka akan muncul dua jawaban, dan kedua jawaban ini dua-duanya benar  tergantung dari sudut pandang mana kita melihat pertanyaan ini. Yang pertama pendidikan pancasila dapat menjadi solusi atas terjadinya krisis multidimensi yang melanda bangsa ini . Lalu jawaban yang kedua adalah pendidikan pancasila dapat menjadi masalah apabila pendidikan ini diselewengkan seperti pada masa orba (orde baru) yaitu dengan asas tunggalnya yang menyebabkan semua generasi yang lahir pasca masa orba melihat pancasila sebagai kenyataan mutlak seperti kitab suci.
            Seperti yang dikatakan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraan memperingati hari kebangkitan pancasila bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila masih relevan untuk mengatasi isu-isu global yang tengah menembus seluruh belahan dunia. Pancasila adalah sumber pencerahan, inspirasi, dan solusi. Contonya: isu terorisme, isu korupsi, isu mafia hukum, isu kemiskinan, isu pemanasan global dan isu-isu lainnya. Maka pendidikan pancasila harus digalakan mulai dari linkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat dengan semua orang yang terlibat didalamnya ikut berperan secara aktif.
            Solusi pendidikan pancasila yang paling diperlukan saat ini adalah mengenai pemberantasan terorisme dan juga penyebarannya, bukan menganggap remeh masalah lain tapi masalah ini merupakan masalah yang sedang hangat-hangatnya dibincangkankan masyarakat. Lemahnya pendidikan pancasila pada masa reformasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan mudahnya ideologi-ideologi yang salah seperti ideologi terorisme masuk ke susunan masyarakat indonesia dalam hal ini pemuda. Banyak pemuda yang direkrut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menjadi pembom bunuh diri, pasukan berani mati, dan perampok dengan dalih jihad, hal ini sebenarnya dapat dihindari apabila para pemuda-pemuda tersebut memiliki dasar ideologi pancasila yang baik. Dalam hal ini pendidikan pancasila harus dapat disinergikan bersama-sama dengan pendidikan agama. Karena sebenarnya dua hal ini mampu saling melengkapi satu sama lain dalam pembentukan karakter mental seseorang.
            Pendidikan pancasila juga mampu menjadi solusi bagi masalah korupsi di negeri kita ini, kurangnya pemahaman pancasila teah mengakibatkan korupsi merajalela di segala lini kehidupan dari kelas bawah hingga para petinggi negara. Terlambat memang kalau  pendidikan pancasila di berikan kepada para terdakwa atau terpidana koruptor dan juga para pemimpin yang saat ini memimpin, namun pendidikan pancasila ini dapat diberikan kepada para calon-calon pemimpin masa depan seperti pelajar dan mahasiswa. Pendidikan pancasila dapat digunakan sebagai garis besar penddikan anti korupsi yang diberikan pada pelajar dan mahasiswa karena dalam pendidikan pancasila terdapat bagaimana cara hidup bertata negara yang baik. Namun solusi ini tidak dapat langsung dirasakan  saat ini karena pada pendidikan anti korupsi yang baru dimulai beberapa tahun ini memerlukan waktu untuk prosesnya.
            Isu selanjutnya yang dapat dapat diatasi dengan pendidikan pancasila adalah isu mafia hukum, isu ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan isu korupsi diatas. Seharusnya para petinggi hukum di negeri ini sudah tahu benar apa itu pancasila makna dan bagaimana pengamalanya dalam penegakan hukum di negeri ini, namun mengapa harus terjadi mafia hukum? Hal ini karena mereka hanya mempelajari pancasila dan tidak menghayatinya di dalam hati. Untuk itu selain mempelajari pancasila sebaiknya pendidikan pancasila juga memberikan pemahaman mendasar kepada peserta didik agar di dalam hatinya benar-benar tertanam jiwa pancasila. Dan sebenarnya yang benar-benar diperlukan bangsa ini adalah sosok yang jujur dan mau mengamalkan pancasila secara utuh, maka dari itu pendidikan pancasila harus benar-benar diberikan secara baik agar generasi baru bangsa ini dapat menjadi sosok yang diharapkan.
            Dalam hal kemiskinan yang kian menjadi di negara ini sesungguhnya tidak harus terjadi jika pancasila sudah diamalkan dengan benar, seperti yang dikatakan Bapak Junaidi M.Hum bahwa miskin dan kaya memang harus ada di dunia ini karena keduanya adalah bagian dari kodrat alam. Namun seharusnya antara si miskin dan si kaya tidak akan terjadi kesenjangan yang jauh apabila pengamalan pancasila terutama sila kelima sudah dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah di Indonesia. Contohnya dalam hal pembagian subsidi banyak kebijakan pemerintah yang belum tegas sehingga banyak dana subsidi yang tidak tepat sasaran sehingga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang sebenarnya sudah kaya. Pemahaman yang kurang juga terdapat pada si kaya yang seharusnya tidak menerima subsidi, jika mereka mampu memahami pancasila maka mereka akan malu saat menerima subsidi yang bukan haknya karena sebenarnya masih banyak yang lebih berhak menerimanya.
            Pendidikan pancasila dapat juga menjadi solusi bagi masalah lingkungan seperti pemanasan global hal berhubungan pemanfaatan sumber daya alam. Akhir-akhir ini isu pemanasan global merupakan isu yang sering di bahas dalam pertemuan tingkat dunia maupun tingkat regional, sumber dari masalah yang sebenarnya adalah pada pendayagunaan yang kurang tepat dan tidak sebagaimana mestinya. Kita sebagai manusia yang beradab sesuai dengan sila ke dua pada pancasila seharusnya mampu menggunakan kekayaan alam yang ada seefektif mungkin dan tidak menghambur-hamburkanya karena sumberdaya tersebut terbatas. Dalam sila kedua juga di jelaskan bahwa kita sebagai manusia yang adil maka dari itu selain memanfaatkan alam kita harus merawatnya sebaik mungkin. Dan dalam pendidikan pancasila seharusnya diajarkan untuk tidak merusak lingkungan, mebuang sampah di tempatnya, menghemat bahan bakar dan energi, dan lain-lain sebagai bukti pengamalan pancasila.
            Selain sebagai solusi-solusi diatas pendidikan pancasila juga dapat menjadi masalah apabila pemahaman terhadap pendidikan pancasila tersebut diterima dengan kurang tepat, hanya setengah-setengah, atau ditambah-tambahi. Contohnya adalah banyak ormas(organisasi masyarakat) yang mengaku berasaskan  pancasila tapi bertindak tidak sesuai dengan nilai luhur pancasila, yaitu dengan tawuran antar ormas, penguasaan suatu tempat, pemaksaan kehendak, dan lain sebagainya. Selain itu pendidikan pancasila dapat juga disalahgunakan apabila dijadikan sebagai kenyataan mutlak seperti saya uraikan diatas tanpa melihat kenyataan sejarah sebelumnya.
            Jadi kesimpulanya adalah pendidikan pancasila lebih banyak berfungsi sebagai solusi bagi permasalahan di indonesia, karena pancasila merupakan ideologi yang sudah dirancang dan dipikirkan dengan sangat baik oleh para pendiri bangsa walaupun pada masa perumusan dan pengesahanya mengalami banyak perubahan. Namun demikian karena banyak perubahan ini maka pancasila dapat menjadi pilar bangsa yang kokoh dalam menghadapi kemajuan jaman. Masalah yang timbul dari salah mengartikan pancasila dapat diminimalkan dengan pemberian pemahaman yang baik dan dukungan dari keluarga, masyarakat, dan lingkungan serta keadaran diri masing-masing dalam pengamalan pancasila.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENDIDIKAN PANCASILA DI INDONESIA SOLUSI ATAU MASALAH ?"

Posting Komentar