MENGAPA BANGSA INDONESIA BERPANCASILA ?










Indonesia adalah suatu negara dan setiap negara memerlukan landasan filosofis atau suatu gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan dianggap menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya, baik secara individu, sosial, maupun dalam kehidupan bernegara. Gagasan dasar ini sering kita sebut sebagai ideologi, ideologi sangat penting bagi suatu negara karena ideologi mampu memberikan kejelasan identitas nasional, memberi inspirasi akan cita-cita dan pendorong dalam tujuan masyarakatnya. Dengan ideologi yang jelas, suatu negara akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana mengenal dan memecahkan masalah politik, ekonomi, sosial, budaya dan hankam yang timbul dalam gerak masyarakat yang makin maju.
Ideologi yang digunakan di Indonesia adalah Pancasila yang telah dirumuskan oleh BPUPKI dan secara formal pada tanggal 18 Agustus1945 sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 disahkan oleh PPKI menjadi dasar negara  Republik Indonesia. Sejak saat itu hingga kini Pancasila masih kokoh menjadi ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar negara bukan tanpa alasan. Kesamaan pemikiran merupakan alasan pertama, hal ini muncul karena persamaan sejarah. Indonesia terlahir melalui perjalanan sejarah yang sangat panjang mulai dari masa Kerajaan Kutai hingga masa keemasan Kerajaan Majapahit serta munculnya kerajaan-kerajaan Islam. Kemudian mengalami masa penjajahan Belanda dan Jepang. Kondisi ini telah menimbulkan semangat berbangsa yang satu, bertanah air satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia. Semangat ini akhirnya menjadi latar belakang para pemimpin bangsa yang mewakili atas nama bangsa Indonesia menentukan Pancasila sebagai ideologi bangsa sekaligus sebagai simbol nasionalisme.
 Selain persamaan perbedaan juga merupakan salah satu alasan yang cukup mendasar. Negara Indonesia yang secara geografis berbentuk kepulauan dengan ribuan pulau dan masyarakatnya yang heterogen terdiri dari ratusan suku bangsa, adat, budaya juga agama yang berbeda maka dari itu Pancasila dipilih sebagai ideologinya. Karena dalam Pancasila perbedaan tetap dihargai tapi juga  tetap dipersatukan.
Secara tidak langsung Pancasila merupakan perwujudan dari bangsa Indonesia itu sendiri karena apa yang terkandung dalam Pancasila merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan sebenarnya telah diamalkan bangsa Indonesia  jauh sebelum pembahasan dan pengesahan Pancasila sebagai dasar negara. Nilai tersebut diatas juga dapat untuk memaknai adat istiadat, kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia. Sehingga bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari Pancasila.
Sila-sila yang terkandung dalam Pancasila memiliki peranan yang sama penting dan saling melengkapi dalam kehidupan bernegara bangsa Indonesia. Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengukuhkan bahwa Indonesia bukanlah negara sosialis (komunis) ,sehingga dalam segala tindakan dan perilaku selalu didasarkan pada rasa taat dan takut kepada Tuhan. Sila Kedua  Kemanusiaan yang Adil dan Beradab mengharuskan kita untuk selalu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta selalu bertindak adil dan berpikir selayaknya manusia yang beradab. Sila Ketiga Persatuan Indonesia membimbing kita yang berbeda-beda ini untuk tetap bersatu, karena dengan persatuanlah bangsa ini bisa kuat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Sila Keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksaan dalam Permusyawaratan Perwakilan mengajak kita untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada dengan bijak melalui jalan musyawarah, sila ini juga menetapkan bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi. Sila Kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Indonesia mendidik kita untuk membantu pemerataan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan  hidup seluruh rakyat Indonesia walaupun Indonesia bukanlah negara sosialis.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai suatu bangsa atau negara Indonesia harus memiliki satu ideologi, dan ideologi yang sesuai untuk Indonesia  adalah Pancasila. Karena Pancasila mampu  menampung semua persamaan aspirasi maupun perbedaan individu yang ada di Indonesia, selain itu  sebenarnya Pancasila juga sudah diamalkan sejak sejarah dimulai di Indonesia .  

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MENGAPA BANGSA INDONESIA BERPANCASILA ?"

  1. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates. capital one credit card login

    BalasHapus