Wawasan Kebangsaan Dalam Kacamata Sains Teknologi



Dalam pengartian wawasan nusantara yang sudah dibahas sebelumnya yaitu pengetahuan mengenai persatuan sebuah Negara yang terdiri banyak pulau-pulau yang terpisah tapi bukan hanya letak pulau itu sendiri yang terpisah selain iu terdapat pula beragam suku, bahasa, budaya yang berbeda pula. Dan dari segi sains dan teknologi bisa diartikan bagaimana penerapan atau implementasi sains dan teknologi terhadap terciptanya persatuan dan kedamaian dalam berwawasan nusantara. Kemajuan sains dan teknologi khususnya teknologi informasi dalam satu dasa warsa ini  sangatlah pesat hingga dapat menjadi pisau bermata dua bagi kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Bisa menjadi pendukung keeratan hubungan persatuan dalam kehidupan kebangsaan apabila benar dalam pemanfaatanya, karena teknologi saat ini memungkinkan menghubungkan dari ujung Indonesia di barat sumatera hingga ujung timur papua. Bukan hanya dalam hubungan pesan singkat atau telewicara tapi sudah memungkinkan bertatap muka  secara real time  dan juga dapat memungkinkan pengiriman data berkecepatan tinggi. Hal ini menyebabkan hubungan antar daerah yang berbeda suku bangsa, bahasa, dan warna kulit tidak lagi terhalang oleh jarak dan bahkan oleh perbedaan pulau. Hal lain dari perkembangan teknologi yang mendukung kehidupan berwawasan nusantara adalah perkembangan social media yang mampu membuat orang saling berhubungan dan mengenal tanpa melihat asal dan dari suku bangsa mana.
            Dibalik keunggulan yang ditawarkan teknologi terhadap kehidupan berwawasan nusantara ada juga sisi buruk yang dapat menjadi bumerang dalam usaha penciptaan kehidupan bernegara yang damai sesuai dengan tujuan luhur wawasan nusantara yaitu memungkinkanya penyebaran isu-isu SARA yang tidak bertanggung jawab. Isu-isu seperti ini basanya dapat membuat kecurigaan dalam kehidupan bernegara yang dapat membuat pecahnya konflik rasial. Selain itu laju informasi yang terlalu bebas juga dapat menyebarkan informasi mengenai kerusuhan di suatu tempat yang dapat memicu amarah masyarakat di tempat lain yang menyebakan meluasnya suatu konflik.

            Untuk iu kita sebagai mahasiawa yang mempelajari sains dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi harus dapat membantu pemanfaatan teknologi untuk kemajuan kehidupan bernegara yang berwawasan nusantara. Dan mengurangi dampak buruknya dengan memberikan filtering terhadap content-kontent yang berisi informasi yang menyinggung isu SARA. Selain itu kita juga bertanggung jawab atas pendidikan teknologi informasi yang sehat demi terciptanya keadilan sosial bagi  rakyat Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wawasan Kebangsaan Dalam Kacamata Sains Teknologi"

Posting Komentar